Saturday 9 November 2013

GENERASI TEKNOLOGI TELEPON SELULER

 
Generasi pertama: hampir seluruh sistem pada generasi ini merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System).

2G , pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 , adalah generasi kedua dari teknologi telepon seluler dan yang pertama untuk menggunakan enkripsi digital percakapan . Jaringan 2G adalah yang pertama untuk menawarkan layanan data dan pesan teks SMS , tetapi kecepatan transfer data mereka lebih rendah dibandingkan penerus mereka. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT. 
Antara generasi kedua dan generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2,5 , kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.

Jaringan 3G , menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat dan adalah yang pertama untuk memungkinkan panggilan video . Hal ini membuat mereka sangat cocok untuk digunakan dalam smartphone modern , yang membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi konstan untuk banyak aplikasi mereka.
Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO. 
Jaringan 3,5G. High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun).

4G adalah generasi keempat dari standar komunikasi telepon selular . Ini adalah penerus dari 3G dan menyediakan akses internet ultra- broadband untuk perangkat mobile . Kecepatan transfer data yang tinggi membuat jaringan 4G cocok untuk digunakan dalam USB modem nirkabel untuk laptop dan akses internet bahkan rumah.

Inilah catatan untuk perkembangan generasi teknologi telepon seluler.


No comments:

Post a Comment

KULIAH ATAU KERJA

Jaman telah berubah. Pendidikan sekarang semakin mudah. Sekolah/kuliah ada dimana-mana dengan berbagai jurusan. Tinggal ada biaya ...... ber...