Thursday 31 October 2013

RAHASIA KELEZATAN MASAK HABANG




Rahasia Kelezatan Masak Habang
=Arang Kayu Dalam Resep Masakan=
nasi kuning mama upik
nasi kuning mama upik
Masak habang adalah salah satu masakan khas Banjar. Kalau anda urang banjar, tentu tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini.  Kelezatannya melekat dihati walaupun jauh diluar negeri. Lebih-lebih bila disantap dipagi hari dengan nasi kuning iwak haruan.

Berikut  ada  cara mengolah masak habang yang rada unik, yaitu dengan mencelupkan arang membara kedalam masakan.saat dimasak.  Dalam istilah banjar, dinamakan masak habang bum/bom. Mungkin dianalogikan seperti pesawat tempur yang tiba-tiba datang kesuatu daerah, lalu menjatuhkan bom.....yang menimbulkan efek suara yang dramatis.

Untuk resep masakannya, boleh yang mana saja. Disini saya ambil satu contoh resep masak habang dengan bahan ikan haruan (gabus) + telur :

Bahan
  • 3 ekor (1 kg) ikan gabus, bersihkan, potong-potong
  • 1 sdm air asam jawa
  • 1 sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng
  • 50 g cabai merah kering
  • 6 butir telur ayam rebus
  • 750 ml air
  • 1 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
Bumbu halus:
  • 3 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 2 cm jahe
  • Terasi 

Cara Membuat:
  1. Bersihkan ikan gabus, potong-potong, lumuri dengan air asam jawa dan garam. Diamkan selama 10 menit.
  2. Goreng dalam minyak banyak dan panas hingga matang dan kering. Angkat, tiriskan. Sisihkan.
  3. Rebus cabai merah kering hingga lunak, tiriskan, haluskan.
  4. Panaskan kembali 3 sdm minyak bekas menggoreng ikan, tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan cabai merah kering yang sudah dihaluskan.
  5. Masukan ikan gabus goreng dan telur rebus. Aduk hingga tercampur rata. Tambahkan air, garam, dan gula. Aduk, masak hingga kuah menyusut. 
NAH...sekarang giliran kita membom masakan.

Sampai dengan poin 5, masak habang kita sudah matang. Sebelum diangkat, masih diatas api, celupkan arang yang membara kedalam masakan sebanyak 2 atau 3 bongkah. Gunakanlah alat penjepit  untuk mencelup-celupkan arang membara itu kebeberapa tempat merata dalam masakan. Ingat hanya dicelup-celupkan saja  kemudian diangkat lagi. Arang disiapkan dengan cara mengambil arang yang masih berbentuk bongkahan ukuran sekepalan tangan, dibersihkan, dipanaskan sampai membara penuh. Jangan membiarkan arang direndam dalam masakan apalagi kemudian diaduk. Ini akan menyebabkan masakan akan tercemar oleh serpihan-serpihan arang.
Setelah semua bongkahan  arang membara habis kita pakai (baranya sudah padam), kita aduk perlahan untuk meratakan hasil pemboman tadi. Masak habang siap disajikan...



Apa yang terjadi dengan pemboman sehingga bisa mempengaruhi rasa masakan?
Kita tentu pernah menyantap masakan bakar-bakaran:  ikan, ayam ataupun daging dengan aroma bakar yang khas menggugah selera. Aroma dan rasanya akan berbeda dengan masakan yang ditumis atau digoreng bukan? Nah inilah yang diterapkan didalam pemboman dengan bara arang. Diharapkan bumbu-bumbu ataupun ikan yang bersentuhan dengan bara akan terbakar dan menimbulkan aroma dan rasa yang leeebih lezaaat .....
Untuk nasinya biasanya adalah nasi kuning....... selamat mencoba.

            

No comments:

Post a Comment

KULIAH ATAU KERJA

Jaman telah berubah. Pendidikan sekarang semakin mudah. Sekolah/kuliah ada dimana-mana dengan berbagai jurusan. Tinggal ada biaya ...... ber...