Thursday 24 October 2013

ALABAN (Vitex Pubescens Vahl) SEBAGAI BAHAN BAKU PEMBUATAN ARANG

Alaban (Vitex Pubescens Vahl) Sebagai Bahan Baku Pembuatan  Arang
Pohon Alaban
 Alaban ((Vitex Pubescens Vahl) termasuk famili verbenaceae, pohonnya sedang dengan tinggi hingga 25 meter, namun umumnya hanya 10 hingga 15 meter. Batang tidak berbanir nyata dengan diameter 35 sampai 45 sentimeter, kadang-kadang dapat mencapai 75 sentimeter, bengkok dan percabangannya malai rendah, berlekuk dalam.
Alaban ((Vitex Pubescens Vahl) ini tumbuh tersebar diseluruh nusantara dibawah 800 mdpl, terutama pada tanah yang selalu kering, tidak bergerombol, tetapi tersebar dalam jumlah yang banyak di hutan.Daerah penyebarannya adalah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Lombok dan Sulawesi.
Karena bentuk batangnya yang bengkok dan beralur dalam, maka alaban tidak pernah menghasilkan kayu dalam ukuran yang panjang. Kayu ini termasuk kayu yang berat dan cukup keras, padat dan susunannya cukup halus. Seratnya lurus, warnanya berselang-seling cokelat kuning dan cokelat pudar tua. Berat jenis rata-ratanya adalah sebesar 0,83 termasuk kelas kuat II dan kelas awet I. Ia dipuji karena keawetannya, disukai terutama untuk bajak, perkakas rumah tangga kecil dan untuk bahan bangunan sederhana. Sangat baik untuk dibuat arang sebagai bahan bakar.

Untuk daerah Kalimantan Selatan salah satu sentra pembuatan arang terdapat di KabupatenTanah Laut yang tersebar  di Bati-Bati, Ranggang sampai kedaerah Jorong. Biasanya lokasi pembuatan arang  berdekatan dengan sumber bahan baku yaitu hutan yang menghasilkan kayu alaban. Namun sekarang produsen arang  sudah mulai kesuliatan untuk mendapatkan bahan baku, hingga mencari keluar daerah yaitu Kabupaten Banjar, bahkan sampai ke Kalimantan Tengah.
Sifat tanaman alaban adalah cepat tumbuh. Bahkan bisa menjadi perintis pada daerah yang gundul untuk menjadi hutan kembali .Sedikit banyaknya hal ini dapat mempertahankan kelangsungan alaban dan terhindar dari kepunahan. Namun alangkah baiknya apabila ada yang melirik masalah ini,  sehingga alaban (Vitex Pubescens Vahl) sebagai bahan baku pembuatan arang dapat dibudidayakan, produksi arang dapat lebih ditingkatkan. Dan arang  Tanah Laut lebih mendunia .....

1 comment:

KULIAH ATAU KERJA

Jaman telah berubah. Pendidikan sekarang semakin mudah. Sekolah/kuliah ada dimana-mana dengan berbagai jurusan. Tinggal ada biaya ...... ber...