Friday 25 October 2013

KIJANG SUPER ANDALAN KAMI



KIJANG SUPER  ANDALAN KAMI



 
                                             kijang super  tahun 1991



Tahun 2007 yang lalu keluarga kami membeli sebuah mobil.  Kijang Super keluaran tahun 1991. Artinya pada saat itu usia mobil sudah 16 tahun.  Dan sampai sekarang tahun 2013 berarti sudah berumur 22 tahun.  Sudah kategori tua untuk ukuran mobil. Tapi alhamdulillah masih dapat dipakai untuk tujuan luar kota.

Pada  waktu pertama dibeli mobil memang enak distarter.  Tes drive, jarak dekat,  jalannya juga enak.   
Masalah muncul setelah dibawa jarak jauh,  terutama pas tanjakan.  Mesin menjadi tidak stabil, walaupun tidak sampai mati (mogok).  Hanya jalannya jadi enjut-enjutan.  Ini terasa ketika kami lagi piknik ke obyek pariwisata Mata Air Panas Tanuhi , Loksado, Kandangan Hulu Sungai Selatan.  Dimana topografinya pegunungan dengan jalan naik turun yang lumayan terjal. Entah pengapian yang tidak bagus atau distribusi bahan bakar yang tidak lancar.  Yang jelas busi  sudah  kami coba ganti baru,  platina  sudah digosok-gosok, tapi tidak ada perubahan.

Pulang dari Loksado, mobil kami masukkan bengkel.  Kebetulan ada bengkel tepat diseberang rumah.  Oleh  montir didiagnosa  permasalahan ada pada coil. Kemudian dikasih pinjam coil bekas  mobil toyota  yang lain, pada saat itu nempel  di sedan corolla.  Pasang…..starter….jreng….!....Mantap….

Ketika ada kesempatan  jalan keluar kota lagi, menuju  kota Tanjung  (200 km lebih), mobil jalannya normal.  Sampai sekarang  mesin masih nyaman, dan menjadi andalan kami  setiap bepergian keluar kota.  Maklum mobil satu-satunya yang selalu setia mengantar kami sekeluarga  mengisi  liburan anak-anak.  Sampai keujung Kalimantan Selatan,  Pulau Laut.  Atau ke propinsi tetangga  Kalimantan Tengah.  Hanya yang belum kesampaian… traveling  ke Kalimantan Timur, dan menjadi target kami selanjutnya.   

Mobil kijang sampai saat ini adalah mobil terlaris di indonesia, banyak orang membeli kijang karena mesinnya yang tangguh, daya muat penumpang yang banyak dan relatif tahan lama. Dan ini sudah kami buktikan sendiri.  Hanya cassing yang sudah mulai pudar dan ada bercak keropos dibeberapa tempat.

Beberapa waktu terakhir ini ada masalah pada starter mobil. Pada saat kondisi mesin panas, agak susah distarter.  Terdengar bunyi “klik”, dan dinamo tidak berputar.  Setelah satu kali klik atau dua kali klik baru dinamo berputar untuk menghidupkan mesin.   Dalam kondisi mesin dingin tidak ada masalah. Sudah dua kali dibongkar di 2 bengkel yang berbeda belum ada perbaikan.

Kalau ada dari teman-teman yang punya pengalaman dengan kerusakan starter seperti ini , khususnya pada kijang super, mungkin masih bisa diperbaiki,  terima-kasih bisa berbagi ….

No comments:

Post a Comment

KULIAH ATAU KERJA

Jaman telah berubah. Pendidikan sekarang semakin mudah. Sekolah/kuliah ada dimana-mana dengan berbagai jurusan. Tinggal ada biaya ...... ber...