Tuesday 2 May 2017

MEMPERBAIKI GITAR AKUSTIK YANG BANTET

Kemarin baru saja beli satu buah gitar  akustik folk yang murahan aja.  Pas dicoba ditoko tidak ada masalah, maksudnya bisa bunyi...he...he...he...
Dirumah sudah ada sih punya gitar klasik Yamaha C315.  Enak dimaininnya.  Ketika mencoba gitar yang baru itu, hadeh...susah bunyinya, alias bantet walaupun nada yang dihasilkan tidak fals.  Saya pikir memang seperti itu barangkali, namanya juga gitar murahan.
Lama juga saya pertahankan seperti itu. Sampai suatu saat kedua gitar itu saya pandangi dalam-dalam...cieee...Hasil/kesimpulan yang didapat adalah pembuatan gitarnya kurang keker,  Jarak antara senar dengan permukaan Fingerboard terlalu tinggi,  ini berakibat tidak nyaman ketika jari memencet senarnya. Tercetuslah ide untuk meng-oprek tuh gitar baru, yaitu mengurangi jarak/ketinggian antara senar dengan permukaan fingerboard.

gambar bagian-bagian gitar

ket :

  • Fingerboard :  Papan panjang tempat fret yang membagi wilayah nada
  • Nut  :  Berfungsi untuk mengatur penempatan senar agar tetap konsisten pada tempatnya
  • Fret :  Logam melintang pada sepanjang fingerboard untuk membagi wilayah nada
  • Saddle :  Seperti nut tapi tempatnya pada badan gitar


Untuk memperbaikinya,
Bahan :

  • obeng kecil
  • kikir
  • gergaji besi kecil
  • cutter
cara :

  1. Perkirakan berapa mili kita akan menurunkan ketinggian senar. Kalau punya saya, Saddle-nya yang terlalu tinggi. Jaraknya relatif kali yaa (yang penting senar tidak menyentuh fret ketika dipetik dan bergetar).
  2. lepas semua senar.
  3. Lepas saddle (penyangga senar) dengan bantuan obeng kecil dengan cara dicongkel. Cari obeng kecil yang ujungnya agak lancip.
  4. Kurangi tingginya saddle sesuai dengan perkiraan kita (poin 1), potong dengan gergaji beri yang kecil.
  5. Rapikan bekas potongan dengan cutter.
  6. Pasang kembali saddle dan semua senar.
  7. Stem gitar kembali.
  8. Cek dengan cara menekan dan memetik Senar Satu  disemua nada dari ujung sampai kepangkal fingerboard. Ulangi untuk senar 2, 3 sampai senar 6.
  9. Kalau ada senar yang nyangkut ke fret, dipapas dengan bantuan kikir secara hati-hati supaya tidak merusak permukaan fingerboard.
  10. Kalau banyak yang nyangkut berarti terlalu banyak memotong saddlenya, Cara mengatasinya bisa ditambah tingginya dengan mengganjal dengan kertas atau plastik pada bagian bawah saddle sehingga tingginya bertambah.
  11. Seperti pada saddle, cek juga ketinggian nut, kalau terlalu tinggi dikikir pada celah tempat lewat senar.
Ok...Selesai,   gitar jadi enak dimainin.....

sumber gambar

1 comment:

  1. If you're looking to burn fat then you absolutely have to start using this brand new custom keto meal plan.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness couches, and top chefs joined together to produce keto meal plans that are productive, suitable, price-efficient, and delicious.

    Since their launch in 2019, hundreds of individuals have already remodeled their body and well-being with the benefits a smart keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-certified ones offered by the keto meal plan.

    ReplyDelete

KULIAH ATAU KERJA

Jaman telah berubah. Pendidikan sekarang semakin mudah. Sekolah/kuliah ada dimana-mana dengan berbagai jurusan. Tinggal ada biaya ...... ber...