Tuesday 28 January 2014

PANTAI TAKISUNG

Pantai Takisung

Salah satu obyek wisata di Kalimantan Selatan adalah Pantai Takisung. Pantai yang menghadap ke Laut Jawa ini terletak di Kabupaten Tanah Laut. Jarak Pantai Takisung dari Ibu Kota Propinsi Banjarmasin adalah kurang lebih 87 km. Kalau dari Banjarbaru jarak tempuh kira-kira 75-an km, lewat Kec. Cempaka yang terkenal sebagai penghasil intan. Akses jalan ke dua-dua jalur sudah sangat baik.
jalan mulus


Kalau dulu, waktu penulis masih kecil, perlu perjuangan berat untuk sampai ke Pantai Takisung. Jalan belum beraspal, dengan tanah merahnya yang berdebu bila musim kemarau dan berlumpur bila musim penghujan.
Jika berangkat dengan mobil terbuka di musim kemarau rambut pasti merah seperti disemir. Inilah debu-debu yang menempel dirambut. Pulangnya lebih parah lebih. Habis mandi dilaut, ditambah debu, rambut jadi kaku.Waktu itu pantainya masih alami dengan pasir yang memanjang ditepi pantai. Ditambah lagi nampak menonjol nyiur-nyiur yang melambai. Pantai terasa lapang dan luas.
payung Gazebo

Sekarang pantainya sudah banyak berubah. Dipasang siring dijalur sungainya. Ada juga batu-batu cor serta gorong-gorong yang ditancapkan digaris pantai. Harus ekstra hati-hati kalau berjalan, karena banyak ujung-ujung besi beton yang mencuat keluar. Pasir pantainya menjadi sempit.
banana boat

Dipantai  disediakan cottage yang bisa disewa oleh pengunjung, cuma jumlahnya masih terbatas. Tidak terlalu menarik. Mungkin karena kurang dikelola dengan baik.  Ada juga pasar yang menjual aneka hasil laut dan olahannya, serta hasil-hasil pertanian masyarakat disekitar pantai. Menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Hiburan yang lain seperti motor ATV, banana boat yang bisa disewa dengan harga tertentu. tersedia pula payung-payung gazebo ataupun tenda-tenda yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Sayang airnya yang keruh membuat malas untuk menceburkan diri.
Pasar Pantai Takisung

Inilah sekelumit tentang Pantai Takisung yang menjadi pilihan tujuan wisata bagi masyarakat Kalimantan Selatan.

Tenda Sewaan

No comments:

Post a Comment

KULIAH ATAU KERJA

Jaman telah berubah. Pendidikan sekarang semakin mudah. Sekolah/kuliah ada dimana-mana dengan berbagai jurusan. Tinggal ada biaya ...... ber...