Saturday 11 January 2014

Memasang Pompa Air Listrik

Memasang instalasi pompa air listrik ternyata susah-susah gampang. Kayaknya semua orang bisa. Tetapi air berhasil keluar, ternyata belum tentu. Apalagi jarak sumur dengan pompa air lumayan jauh. Ditambah lagi permukaan air sumur yang cukup dalam.

Ada hal pokok yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam pemasangan instalasi pipa pompa air, yaitu : "tidak boleh ada kebocoran" sedikitpun. Terutama pada bagian pipa isap sampai dengan klep dibagian dasar pipa. Untuk itu lebih baik kita capek dulu untuk mengetes apakah pipa isap sudah tidak ada kebocoran lagi. Bagaimana caranya?

Untuk mengetes kebocoran, masukkan pipa yang sudah dirakit kedalam sumur. Tuangkan air kedalam pipa sampai penuh. Tinggal kita amati apakah ada kebocoran, apabila air berkurang berarti bocor. Pipa bisa kita angkat lagi untuk melihat bagian yang bocor (kebanyakan kebocoran pada bagian klep) yang ada didasar pipa. Sekali lagi. tidak boleh ada kebocoran.

Setelah semua beres, baru kita lanjutkan dengan menyatukan/memasang pompa listriknya. Disinipun dituntut pekerjaan yang teliti, supaya tidak ada kebocoran pada sambungan-sambungan. Sedikit saja ada bocor, maka mesin akan susah mengisap. Untuk itu pilih bahan yang bagus yang menghubungkan mesin dengan pipa. Disini juga  ada klep yang terbuat dari karet yang harus dipasang dengan benar pada tempatnya. Klep berfungsi untuk menahan air supaya tidak kembali kedalam sumur.

Dengan cara demikian, dijamin air akan cepat keluar. Sesudah berhasil keluarpun, tidak akan direpotkan dengan harus memancing-mancing lagi diwaktu yang akan datang bila perlu air.

Apabila harus memasang pompa jauh dari sumur, sedang permukaan air juga cukup jauh/dalam, ada baiknya gunakan tips berikut :
Pada pipa isap, diatas/disamping sumur, diberi cabang dengan sambungan leter T,  yang diberi kran. Fungsinya adalah untuk mengisi pipa isap dengan air (pancingan) bila sewaktu-waktu diperlukan. Yaitu apabila oleh karena suatu sebab air dalam pipa isap kering yang mengakibatkan pompa tidak bisa lagi mengisap. Usahakan pipa tidak terpanggang matahari, karena bisa mengakibatkan bengkak pada pipa yang akhirnya bisa pecah.

Tidak ada yang susah selama kita mau mencoba dan berusaha. Jangan menyerah....temukan hal-hal yang baru. Selamat mencoba.....

No comments:

Post a Comment

KULIAH ATAU KERJA

Jaman telah berubah. Pendidikan sekarang semakin mudah. Sekolah/kuliah ada dimana-mana dengan berbagai jurusan. Tinggal ada biaya ...... ber...