Tuesday 16 September 2014

UNTUK APA BPJS


BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah sebuah lembaga/badan hukum yang dibentuk untuk menyelengarakan jaminan sosial bagi masyarakat Indonesia.  Hukumnya (sesuai dengan undang-undang) adalah wajib bagi seluruh rakyat Indonesia,  juga bagi WNA yang sudah menetap di Indonesia minimal 6 (enam) bulan.

Ikut BPJS konsekuensinya adalah diwajibkan membayar iuran setiap bulan yang besarnya telah ditentukan.  Khusus untuk warga miskin/tidak mampu, iurannya ditanggung oleh pemerintah melalui program bantuan iuran.

Bagi mereka yang bekerja diperusahaan, pendaftaran difasilitasi oleh perusahaannya masing-masing. Dan ini adalah merupakan kewajiban perusahaan.  Untuk mereka yang tidak bekerja diperusahaan, harus mendaftar secara mandiri untuk ikut program BPJS.

Terlepas dari masalah formal diatas,  menjadi penting adalah pertanyaan berikut :
"Apa sih tujuan kita ikut BPJS...?"
Ada yang menjawab :
"Untuk jaga-jaga kalau sewaktu-waktu kita atau keluarga kita menderita sakit".
Untuk jaga-jaga,  dengan kata lain adalah untuk persiapan kalau kita sakit nanti.  Nauzubillahi minzalik,  itu adalah cita-cita yang bermakna doa.  Tentunya kita tidak menginginkan sakit. Maka berandai-andailah yang baik, yang membawa kita kepada hal-hal yang positif.

Untuk ikut BPJS memang harus membayar iuran dengan jumlah tertentu.  Sakit ataupun tidak sakit, kita harus membayarnya.  Kalau kita perlu berobat karena sakit, tentu kita sudah mendapatkan jaminan untuk bisa berobat.  Tetapi kalau kita tidak sakit,  maka dana BPJS tidak bisa di klaim.

Maka sungguh bijaksana kalau kita mantapkan hati ikut BPJS adalah dengan tujuan untuk bersedekah.  Membantu bagi mereka yang sakit, yang sudah terdaftar di BPJS.  Tentu dengan cara subsidi silang dalam model manajemen BPJS.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ
Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu. (HR. Muslim)

Mudah-mudahan kita diberikan oleh Allah SWT kesehatan sepanjang umur kita.  Amiiin ya Robbal 'Alamin.

No comments:

Post a Comment

KULIAH ATAU KERJA

Jaman telah berubah. Pendidikan sekarang semakin mudah. Sekolah/kuliah ada dimana-mana dengan berbagai jurusan. Tinggal ada biaya ...... ber...