kijang super |
Kalau distarter pagi hari, nih kijang tua lancar-lancar aja. Setiap pagi, saya hidupkan tidak ada masalah ketika kontak starter digocek. Masalahnya baru muncul ketika mesin sudah panas. Apalagi pas jalan jauh....eiit...Jangan dimatikan dulu itu mesin ketika berhenti, dimana berhentinya cuma sebentar. Bakalan ribet menghidupkannya lagi. Payahnya kalau mau isi bensin di SPBU
Motor Starter tidak akan berputar. Yang ada cuma bunyi klik....klik....seperti yang akinya lagi tekor. Untuk menghidupkannya lagi, harus sabar, tarik nafas, pakai perasaan....weleh-weleh , pokoknya susaaaah.
Asal tahu saja, nih penyakit sudah beberapa kali dibawa ke bengkel tanpa ada hasil yang nyata. Operasi bongkar dinamo starter sudah dua kali dilakukan oleh dua montir didua bengkel yang berbeda. Bahkan yang terakhir disarankan amputasi...! Alias ganti motor starter baru Broo.
Ketika aki diganti baru, ternyatapun tidak menyelesaikan masalah. Starter hanya baik sebentar, sudah itu balik lagi penyakitnya.
Suatu ketika, saya coba bongkar sendiri. Yang saya lakukan adalah membersihkan kutub listrik yang ada pada motor starter (tempat menempel kabel aki warna merah alias positif). , sebersih mungkin. Yaitu dengan cara diampelas sampai kinclong. Tidak lupa juga ujung kabelnya dibersihkan sampai bersih.
Ternyata hasilnya wes...ewes...ewes....bablas penyakitnya. Sampai sekarang sudah jalan hampir satu tahun tidak ada masalah lagi. Tidak jadi amputasi he...he...he...
No comments:
Post a Comment